research
  • 05 Feb
  • 2025

SMK NU Al-Hidayah Gelar Sumatif Akhir Semester Berbasis Proyek dan Tertulis: Wujudkan Pemahaman Mendalam dan Keterampilan Terapan

Pada akhir setiap semester, evaluasi terhadap pencapaian siswa di SMK NU Al-Hidayah menjadi salah satu upaya penting untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Salah satu metode evaluasi yang kini semakin banyak diterapkan adalah Sumatif Akhir Semester (SAS) berbasis proyek dan tertulis.


Pendekatan ini dirancang untuk menilai kemampuan siswa secara menyeluruh, tidak hanya melalui tes tertulis konvensional, tetapi juga melalui proyek yang mencerminkan aplikasi pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari selama satu semester.


Pelaksanaan Sumatif Akhir Semester dibagi menjadi dua komponen utama: ujian tertulis dan pembuatan proyek.


Ujian Tertulis

Dilaksanakan pada 30 November hingga 2 Desember 2024. Ujian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap mata pelajaran umum, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris. Tes berbasis online ini menggunakan platform Aila, dengan soal berbentuk pilihan ganda.


Pembuatan Proyek

Setelah ujian tertulis selesai, siswa diberi waktu mulai 3 hingga 7 Desember 2024 untuk menyelesaikan proyek berbasis mata pelajaran produktif sesuai jurusan masing-masing. Proyek ini dirancang oleh Kepala Jurusan (KAJUR) dan melibatkan pembuatan video, presentasi (PPT), atau flyer yang berpedoman pada jobsheet serta rubrik penilaian yang telah ditentukan.


Tema Proyek Berdasarkan Kelas dan Jurusan:


X Busana: Desain 3D busana pesta

XI Busana: Rok dan blouse "Korean Style"

X TJKT: Hardware

XI TJKT: VLAN

XII TJKT: Mikrotik

Melalui pendekatan ini, SMK NU Al-Hidayah berharap siswa tidak hanya dinilai berdasarkan kemampuan mengingat, tetapi juga dinilai atas kemampuan mereka dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan ke dalam situasi nyata. Sumatif berbasis proyek ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan pemahaman siswa secara mendalam.